Senin, 24 Agustus 2009

dapat uang dari Internet dikutip dari : http://www-ilhamfiles.blogspot.com/

Senin, 24 Agustus 2009
Seni Menjual di Internet (wajib dibaca Siswa [i])

Pada dasarnya setiap manusia di dunia ini telah di bekali dengan kemampuan untuk menjual, bahkan sejak lahirpun kita sudah punya kemampuan itu.

Lihatlah bagaimana seorang bayi yang masih belum bisa bicara merengek-rengek ketika sedang kehausan, dengan cara tersebut, si bayi berusaha menarik perhatian ibunya agar ia mengabulkan permintaannya yakni minta agar di buatkan susu oleh sang ibu.

Cara tersebut merupakan isyarat dan bentuk komunikasi yang menandakan bahwa si bayi menginginkan sesuatu kepada ibunya dalam hal ini minta di buatkan susu.

Bukankah itu adalah cara menjual yang sederhana ?

internet marketingSeperti itulah sebenarnya kekuatan dasar kita dalam menjual, bahwa setiap manusia mempunyai ciri khas dan gaya masing-masing dalam menjual. Kegiatan menjual merupakan pekerjaan yang menuntut daya tarik yang sangat erat hubungannya dengan seni.

Disini di butuhkan nilai-nilai kedisiplinan yang tinggi dan sebuah jiwa yang tidak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga bisa mengerti akan perasaan pembeli.

John Wanemaker salah satu bapak marketing mempunyai paham Service Principle menyatakan bahwa: “Berikanlah service yang terbaik, dan kualitas yang bermutu, maka dengan sendirinya pasar akan tumbuh di depan rumah anda ”

Dalam dunia internet marketing, kita sering menjumpai iklan-iklan baris di internet yang menawarkan produk atau jasa dengan cara menjual yang beraneka ragam, ada yang menggunakan kata-kata yang bombastis, ada yang berkoar-koar, ada yang biasa-biasa saja, adapula denga cara yang sangat halus.

Medianya pun bervariasai, mulai dari yang modalnya hanya URL yang di berikan suatu merchant, mengandalkan iklan baris, email, hingga sampai membuat blog marketing.

Apapun medianya…nggak jadi persoalan, tapi yang pasti jika kita menginginkan hasil yang lebih optimal dan berkesinambungan…kita harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung, karena disinilah sebenarnya letak kunci marketingnya

Bukankah pepatah bilang “pembeli adalah raja”

Oleh karena itu layanan yang baik merupakan salah satu kunci suksesnya internet marketing, selain itu produk yang bermutu juga menjadi salah satu syarat suksesnya penjualan bukannya “tabrak terus lari”, dimana sering terjadi oleh para marketer, dimana diawal-awal sebelum terjadinya transakasi (pembelian produk) mereka menjanji-janjikan kepada pengujung untuk cepat bisa cepat kaya, mereka menampilkan screen shot rekening yang seolah-olah dari hasil bisnis internetnya, bahkan menampilkan testimional-testimional yang nggak jelas dari mana datangnya, kadangkala juga terjadi ketidaksesuaian antara sales latter yang dijanjikan dengan produk dan layanan yang di berikan.

Inilah yang membuat citra bisnis internet marketing indonesia menjadi ternodai, produk yang tadinya bagus menjadi ikut-ikutan jelek di karenakan munculnya para marketer-marketer yang nggak bertanggung jawab tersebut.

Hendaknya dihindari setiap kali kita menjual sesuatu di karenakan pembeli tersebut membeli karena terpaksa, atau merasa tertipu, karena hal itu hanya akan membuat citra kita menjadi buruk dan cepat atau lambat citra buruk yang kita bawa selama ini lama kelamaan akan tersebar kemana-mana dan sudah tentu menghambat keberhasilan kita dalam menjalankan internet marketing.

Ini tentu menjadi suatu kerugian yang sangat besar bagi kita sendiri, disaat bisnis internet lagi booming-boomingnya, kita malah menjadi penontoan dari luar.

Bahkan akhir-akhir ini muncul tantangan-tantangan keras dari sebagian blogger dengan membuat parodi internet marketing yang ditujukan bagi mereka, khusunya para pemilik produk yang isinya tentu saja menyindir mereka-mereka pembuat produk yang nggak bermutu.

Padahal kalau saya cermati, nggak semuanya demikian, ada yang baik dan ada pula yang memang nggak baik, semuanya tergantung dari sudut pandang mana kita berfikir, dan itu juga tergantung tingkat pemahaman seseorang dalam membeli produk.

Misal saja bagi sebagian orang menganggap produk A adalah baik bagi dirinya karena memang memenuhi kebutuhannya, sedang sebagian yang lain menganggap produk A adalah produk yang nggak baik karena mereka menganggap produk tersebut sudah tidak mereka perlukan dan memang mereka telah menguasainya (faham).

Inilah yang menyebabkan perbedaan sudut pandang antara satu dengan yang lain sehingga muncul-muncul tantangan-tantangan seperti diatas

Oleh karena itu saya mengajak kepada rekan netter semua baik sebagai pemilik produk maupun affiliate, untuk bisa besikap kritis terhadap persoalan-persoalan diatas dan tidak hanya menerima begitu saja agar tidak mudah saling menyalahkan antara satu dengan yang lain.

Saya juga menghimbau bagi para owner (pemilik produk/jasa), untuk tidak hanya menampilkan untungnya saja dengan menampilkan sales latter yang nggak masuk akal dan dibuat-buat bahkan sangat berlebihan tanpa melihat realita yang ada.

Begitu juga kepada para pembeli suatu produk, untuk meneliti lebih cermat lagi produk yang akan di belinya misalkan saja melihat manfaat apa saja yang ia peroleh ketika membeli produknya, biasanya sales latter yang baik adalah menampilkan daftar isi terhadap produknya dan bukannya “membeli kucing dalam karung”.

Produk yang bagus biasanya juga banyak peminat dan banyak yang merekomendasikannya, anda bisa cek popularitas suatu web dengan mengetikkan di Google dengan mengetikkan “site:produk populer”, maka seketika anda akan tahu jawabannya.

Konsep seni menjual tanpa pembeli merasa terpaksa atau tertipu adalah mengutamakan kepentingan-kepentingan pembeli dengan jalur berbuat kebaikan kepadanya, sebab dengan cara kita memenangkan pembeli..itu ibarat kita “menanam” baru kemudian kita akan “panen”.

Baiklah sekian dulu artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat terimakasih.
Diposkan oleh Siswa dapat Uang lewat Blog di 19:43 0 komentar Link ke posting ini
Reaksi:
Cara dapat uang dari Face Book

Percaya atau tidak, tapi facebook memang benar-benar lahan baru untuk promosi. Tapi tentu saja, di facebook anda harus benar-benar tampil lain daripada ketika anda berpromosi melalui iklan baris atau nyepam di dofollow blog. Di facebook kemampuan marketing anda benar-benar diuji. Sekali anda lolos ujian, insya Allah hanya tinggal menunggu waktu aja, rejeki akan mengalir dengan sendirinya.

Lalu bagaimana sih caranya dapat uang dari Facebook?

facebook_marketing

Sebenarnya sih sederhana. Modalnya cuma senyum dan kepedulian. Berikan waktu anda untuk teman-teman anda. Ajak mereka bicara hal-hal yang gak penting sama sekali. Seperti makanan favorit, minuman kegemaran atau bahkan film kartun yang lagi ditonton bersama keluarga

Kalau perlu anda wajib punya satu nomor three agar bisa senantiasa update status dan memantau status teman-teman anda. Dengan modal 5000 perak sebulan, anda bisa berfacebook-an gratis. Sayangnya saya belum punya HP khusus untuk ini. Masih cari2 yang murah2 aja asal enak buat SMS. Ada yang mau nyumbang? Hehehe..

Anda juga bisa share pengetahuan dalam bidang apapun. Gak usah kuatir repost atau jadul. Yang penting anda sudah berusaha berbagi. Lambat laun anda akan jadi profesional sendiri kok. Percaya deh. Penulis yang baik itu bukan hasil belajar bertahun-tahun, tapi hasil nulis berjuta-juta kata.

Nah, lalu kapan jualannya mas?

Ya kapan aja toh. Cuma jangan dibuat gini. Hari 1-10 ngomong gak penting, trus setelah itu hari ke 11, dst promosi terus. Ya langsung anda dibanned dari daftar teman.

Kalau teknik saya, 10 hari ngobrol, 1 kali promosi. Itupun promosinya bukan nada promosi. Saya cuma jelasin aja apa yang sedang saya lakukan. Misalnya seperti ini:

* lagi bikin ebook baru buat member cafebisnis
* lagi update page cafebisnis yang baru
* lagi ngelayani member cafebisnis yang ada masalah dengan blognya
* nyiapin CD buat dikirim ke member baru cafebisnis

Anda lihat status saya diatas? Apakah anda mengira saya sedang promosi? Sama sekali tidak, tapi kata-kata diatas akan memperkuat brand cafebisnis sebagai tempat belajar yang paling peduli dengan membernya. Hasil akhirnya ketika mereka tiba2 ada rejeki dan ingin bergabung, siapa coba yang untung?

Tapi semua tergantung karakteristik teman-teman anda sendiri. Kalau saya kebanyakan profesional, trainer dan rekan-rekan di cafebisnis semua. Jadi ya musti hati-hati pilih kata-katanya.

Nah, itu sedikit sharing aja proses belajar saya di Facebook. Yang jelas pendapatan bulan ini cukup terangkat daripada bulan-bulan yang lalu. Mudah-mudahan terus naik biar semangat bikin produk barunya.. hehehe
Diposkan oleh Siswa dapat Uang lewat Blog di 19:41 2 komentar Link ke posting ini
Reaksi:
Berjualan di Internet oleh siswa (i)
Berjualan di internet sudah mulai banyak dilakukan oleh pelaku bisnis di Indonesia yang ingin mencari penghasilan dengan menggunakan media internet. Kehadiran internet menjadi sangat membantu karena dengan mudahnya setiap orang dapat terhubung (terkoneksi) satu sama lain walaupun mereka sangat jauh jaraknya hanya dengan menggunakan sebuah komputer atau laptop.

berjualandiinternet

Hal ini menyebabkan seseorang dengan mudahnya memperkenalkan atau mempromosikan sebuah produk melalui internet kepada teman-teman maupun kepada orang lain dimana saja lokasi mereka berada melalui media internet. Hal ini membuat pemasaran suatu produk tidak terbatasi lagi oleh batasan suatu wilayah, daerah, kota ataupun negara, semuanya dapat terhubung dengan mudah, satu sama lain melalui jaringan internet hanya dengan membuka komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Bila kita berjualan dalam kehidupan sehari-hari baik dengan membuka toko maupun hanya terbatas dengan memasarkan produk ke teman-teman, maka kegiatan pemasaran produk tersebut terbatas oleh jangkauan pemasaran (networking) kita. Bila kita memasarkan produk ke teman-teman, maka batasan pemasaran kita adalah sampai berapa banyak teman yang bisa ditawari dan bisa kita temui. Sedangkan bila kita membuka toko, batasan pemasaran kita adalah berapa banyak calon pembeli yang datang ke toko kita dan biasanya juga jangkauan pemasaran (networking) toko kita terbatas pada suatu daerah atau kota.

Tetapi dengan adanya internet, maka keterbatasan tersebut menjadi hilang, Anda cukup membuat sebuah website (toko online) di internet, dan setiap orang di seluruh indonesia dan dunia dapat mengakses (mengunjungi) toko online Anda, melihat-lihat dan membeli produk yang Anda tawarkan. Jadi kehadiran internet memungkinkan kita memasarkan produk dengan mudah baik ke seluruh indonesia maupun ke seluruh dunia, tidak ada batasan wilayah sama sekali, karena semua orang dapat mengaksesnya.

Tinggal sekarang bagaimana Anda menentukan rencana pemasaran produk Anda, apakah Anda akan melayani pembelian dari seluruh dunia atau hanya khusus pembelian dari negara indonesia saja. Hal ini tentunya menentukan pemilihan bahasa yang digunakan dalam toko online Anda dan juga metode pembayaran yang digunakan dalam website (toko online) Anda. Bila pemasaran produk Anda hanya melayani pembelian dari indonesia saja, maka Anda cukup dengan menggunakan media transfer bank, tetapi bila Anda melayani pembelian dari seluruh dunia maka toko online Anda harus menyediakan media pembayaran yang bisa menerima pembayaran dari seluruh dunia seperti dapat menerima pembayaran dari kartu kredit, untuk itu Anda perlu membuka account PayPal.

Dan salah satu hal lagi yang menjadi tantangan dalam berjualan produk di internet adalah biaya dan proses pengiriman produk. Karena sudah jelas, orang tidak akan melakukan pembelian atau jarang sekali melakukan pembelian jika biaya pengiriman barang melebihi atau lebih mahal dari harga produknya, kecuali produk tersebut adalah produk unik, tidak tersedia ditempat lain, atau hanya Anda satu-satunya yang menjual produk tersebut.

bisnis dari internet

Biaya dan proses pengiriman produk tersebut perlu Anda perhatikan sebagai bagian yang penting bila Anda memasarkan produk fisik di internet, sedangkan bila Anda memasarkan produk digital seperti software, video download, audio download, ebook, foto, image, dan file komputer lainnya, maka biaya dan proses pengiriman produk tidak ada, karena pengiriman produk biasanya dilakukan melalui download langsung dari internet.

Berjualan di internet prosesnya sama dengan berjualan dalam kehidupan sehari-hari, hanya berbeda medianya saja. Karena itu semua prinsip pemasaran dalam kehidupan sehari-hari perlu juga dipraktekkan dalam menjual produk di internet. Terlebih dalam menjual produk di internet dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik satu sama lain, tentunya faktor kepercayaan dan hubungan akan memberikan peranan yang penting, agar proses penjualan bisa terjadi.

Dan biasanya bila kepercayaan dan hubungan sudah terbina dengan baik, terjadinya pembelian kembali (repeat order) sangat mungkin terjadi, karena pembelian produk melalui internet sebenarnya lebih mudah dan simpel, pembeli tidak perlu repot-repot harus datang ke toko Anda, apalagi jika toko Anda berada di kawasan yang macet dan jauh jaraknya dari lokasi pembeli, maka pembelian online merupakan pilihan yang paling baik. Pembeli hanya perlu melakukan order di toko online Anda dan barang akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli, lebih praktis.

Anda selaku penjual hanya perlu menampilkan foto produk dengan baik dan menjelaskan spesifikasi produk Anda dengan jelas dan detail, sehingga calon pembeli bisa langsung memutuskan pembelian produk di website (toko online) Anda tanpa harus datang ke toko atau bertemu dengan Anda.

Mari kita mulai berjualan di internet!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari jalin silaturahim dengan
Berikan komentar anda untuk kemajuan Blog ini.