Rabu, 17 Oktober 2012

Festival Sate Idul Adha 1433 H

    Memperingati hari raya Idul Adha 1433 H yang lalu, atau tepatnya hari Sabtu, tanggal 27 Oktober, LPI Ar-Rohmah Malang mengadakan perlombaan membakar sate untuk seluruh santri Ar- Rohmah. Perlombaan ini dilakukan sejak jam 9 pagi hingga jam 11 saat adzan Zuhur tiba.

  Sebelum perlombaan dimulai, terlihat banyak para perwakilan dari setiap kelas menunggu untuk mendapatkan bagian daging dari para panitia penyembelihan. Mereka dengan sabar menunggu giliran mereka untuk mendapat jatah daging, hingga
Ust. Jumari sempat memarahi mereka karena terlalu berisik dan menggangu para panitia.


  Walau begitu, merasa giliran mereka tidak kunjung datang, beberapa perwakilan kelas akhirnya melakukan sendiri proses " pengkulitan " daging, tentunya dengan persetujuan dari para panitia terlebih dahulu. Terlihat betapa cekatannya mereka memilah-milah setiap bagian kambing yang menjadi jatah mereka, walaupun rasa amis yang menyengat meyertai perkejaan mereka.


Di lain pihak, anggota lainnya yang tidak ikut dalam proses " pengkulitan ", melakukan persiapan tempat pembakaran daging. Hal ini dilakukan agar mereka dapat segera membakar daging mereka saat daging jatah mereka tiba. 

Saat setiap kelas akhirnya mendapatkan jatah daging, masing - masing personel segera melakukan pemotongan daging masing-masing. Terlihat kekompakan dari setiap kelompok  mereka dalam festival kali.
Tak lupa juga proses pembakaran daging. Mungkin inilah salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu para santri. Dari survey kecil yang kami lakukan, setiap kelompok dapat mendapatkan sekitar 120-200 tusuk sate per jatah dagingnya. Wow, jumlah yang fantastis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari jalin silaturahim dengan
Berikan komentar anda untuk kemajuan Blog ini.