Jumat, 18 April 2014

Praktek Kerja Lapangan SMA Ar-Rohmah di Desa Pujon Kidul

Assalamualaikum...
Kita bertemu lagi, setelah beberapa saat tidak bertemu. Kali ini OPH SMA Ar-Rohmah akan memposting tentang PKL SMA Ar-Rohmah. Bertempat di Desa Pujon Kidul, kegiatan ini berlangsung saat kakak-kakak kelas XII sedang pusing-pusingnya ngerjakan UAN. Rombongan dari SMA Ar-Rohmah berangkat pada hari Ahad, 13 April 2014 pukul 13.30 WIB. Transportasi yang digunakan untuk berangkat ke Desa Pujon Kidul ini yakni dua buah truk. Melewati jalan yang berliuk-liuk, akhirnya rombongan sampai di tempat tujuan pukul 15.00 WIB.

Agenda yang dilakukan setelah itu ialah mengundi nomor untuk tempat tinggal. Sedikit informasi, tempat tinggal santri selama 4 hari di sana ialah rumah warga yang disewa sebanyak 4 buah, 3 rumah untuk santri, 1 rumah untuk ustadz. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari tempat untuk memerah susu sapi, bertani dan mengajar TPQ. Kegiatan mencari ini dilakukan sesuai kelompok yang sudah dibagi sebelumnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan Shalat Ashar per kelompok.

 Kegiatan utama dalam PKL ini antara lain :

#Memerah susu sapi




Kegiatan ini dilakukan di tempat ternak sapi penduduk setempat. Memerah susu sapi dilakukan saat pagi hari dan sore hari. Setelah itu, susu yang sudah diperas akan diantar ke koperasi susu.
Koperasi Penampungan Susu

Setelah di Koperasi, para pengantar susu mengantri menunggu giliran untuk menyetor susu. Saat antri, para penyetor susu diperiksa susu nya, apakah mengandung air apa tidak. Karena yang disetor haruslah susu murni.

 Penyetoran susu

Setelah selesai menyetor, tempat susu tadi dicuci samapi bersih lalu dibawa kembali ke pemiliknya.

#Bertani
Bertani ini dilakukan setelah sarapan, kira-kira pukul 08.30 WIB sampai dzuhur. Kegiatan yang dilakukan saat bertani adalah membantu petani untuk mengolah sawah atau ladangnya, seperti memanen, memotong rumput dsb.
 

#Mengajar ngaji di TPQ
Kegiatan ini menurut anak-anak adalah kegiatang yang paling menyenangkan. Iya, karena bisa berinteraksi dengan anak-anak Ds. Pujon Kidul secara langsung. Ada yang masih duduk di TK, sampe yang SMA pun ada. Dan, inilah kesempatan anak-anak untuk yaaahh.....caper-caper gitu sama murid ceweknya yang udah gede. Biasalah, di pondok gk pernah lihat cewek, hehehe...



Dan, selain kegiatan di atas, ada juga kegiatan lain yang diselenggarakan oleh OPH SMA Ar-Rohmah selama di sana, yaitu:

- Lomba antar TPQ se-Pujon Kidul
Lomba ini diadakan pada hari Selasa, 15 April 2014 mulai ba'da dzuhur sampai ashar. Lokasinya yakni di Balai Desa. Dengan waktu untuk persiapan yang cukup singkat, para peserta dituntut untuk bisa menjuarai lomba ini. Untuk tahun ini, OPH mengadakan 3 lomba, antara lain :

   -- Lomba Tilawatil Qur'an
Lomba ini diikuti oleh masing-masing satu peserta mewakili TPQ-nya. Dengan syarat, peserta maksimal kelas 6 SD.



   -- Lomba Adzan
Nah, untuk lomba adzan ini, pesertanya dibatasi maksimal sampai tingkat SMP saja.

   --Lomba Kaligrafi
Lomba kaligrafi ini diperuntukkan bagi kalangan SD sampai SMA. Dengan waktu yang lumayan singkat dan peralatan yang seadanya, peserta bisa menghasilkan karya yang indah dan bagus.






Dan...inilah para pemenang dari ketiga lomba tersebut..



Sekian dari kami, untuk lihat foto-foto lengkapnya, bisa lihat di Galeri Foto PKL SMA Ar-Rohmah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari jalin silaturahim dengan
Berikan komentar anda untuk kemajuan Blog ini.