Jumat, 01 Mei 2015

Penelitian Membuktikan, Ternyata Panda Bisa Merasakan Kesepian

Ilustrasi panda. ©Shutterstock/Lee Yiu Tung
OPH BLOG's- Sebagai salah satu hewan paling langka dan jarang terlihat di alam bebas, banyak yang mengira bila beruang itu begitu lucu dan imut.Tetapi, Yang sebenarnya adalah Panda adalah hewan penyendiri. Why? Karena panda adalah hewan yang suka 'hang-out' dengan sesamanya.
Untuk membuktikan hal tersebut, tim ilmuwan dari Universitas Michigan (MSU) melakukan sebuah penelitian terhadap 5 ekor panda di hutan konservasi Wolong China. Kelima panda yang terdiri dari satu pejantan dan empat betina itu dipasangi alat GPS (global positioning system) untuk memantau pergerakan para panda tersebut.
Hasilnya, ilmuwan MSU berhasil mendapatkan peta pergerakan kelima panda tersebut selama satu tahun penuh. Menariknya, dari data GPS, terlihat bila tiga panda betina kerap menghabiskan waktu bersama di bagian hutan yang sama.
Sementara itu, si pejantan lebih bebas dan bergerak mengelilingi hutan dalam area yang lebih luas. Oleh ilmuwan MSU, hal itu dikatakan sebagai kegiatan 'patroli' dan mengikuti jejak panda betina.
Meski terus bergerak sendiri-sendiri, mereka diklaim kerap merasa kesepian dan berusaha saling berkomunikasi pada suatu masa tertentu, misalnya di musim kawin dan gugur. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tanda khusus pada pepohonan.
Panda-panda itu diketahui sering menggesekkan kemaluan mereka di sekitar pohon tertentu. Nah, aksi unik itu bisa meninggalkan bau tertentu yang berisi banyak informasi, seperti ukuran, jenis kelamin, tingkat kesuburan, hingga status sosial panda.
"Kami melihat ini bukan hal kebetulan semata. Panda-panda itu sering terlihat di lokasi yang sama dalam kurun waktu yang lama. Hal ini tidak terduga sebelumnya dan bisa menjadi bukti bila panda bukan hewan penyendiri seperti yang selama ini dipercaya," ujar ilmuwan MSU, Daily Mail(01/04).

Seekor panda betina yang diteliti tim MSU bisa terus bergerak di area seluas 4,48 kilometer persegi. Sementara pejantan bisa berpatroli hingga daerah seluas 6 kilometer persegi selama satu tahun.


#Pandayangbisakesepian #pandayangkesepian #diluardugaan,pandabisakesepian #pandayangkesepian #parapenelitimembuktikanpandabisakesepian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari jalin silaturahim dengan
Berikan komentar anda untuk kemajuan Blog ini.